Share tutorial menarik dan tips unik seputar blogger.

Tuesday 29 October 2013

Tips Mendapatkan 2000 visitor/day Dalam 1 Bulan (dari blog baru)

Sekitar penghujung bulan April lalu saya melakukan sedikit percobaan untuk membuat blog baru dan mengolahnya dengan metode yang berbeda dari apa yang biasa saya lakukan, terutama dalam hal posting artikel. (Sebenarnya blog tersebut bukan murni blog baru, tapi blog yang sudah saya buat beberapa bulan sebelumnya namun tidak di isi artikel).

Yang selalu saya lakukan pada saat menulis artikel di blog baru adalah mencari topik yang belum memiliki banyak saingan di mesin pencari (Google), karena memang itulah yang selalu disarankan oleh blogger2 lain, "jika ingin blog baru cepat dapat trafik, maka lebih baik posting artikel dengan tema/ topik yang belum memiliki banyak pesaing, sehingga peluang untuk mendapat posisi teratas lebih mudah".

Dan memang cara tersebut cukup work, dalam waktu hampir setahun saya berhasil mendapatkan 2000 visitor/day. Waktu yang cukup lama bukan? Nah, maka dari itu saya jadi penasaran untuk merubah cara pandang saya tentang blog baru. Dan untuk itulah tips ini dibuat, selengkapnya yuk kita simak langkah-langkah dibawah ini:


1. Menyiapkan blog

- Membuat 2 buah blog baru berbahasa Indonesia dengan tema general, terserah mau pakai Wordpress atau blogspot. Disini saya memilih blogspsot, alasan: untuk posting baru, menurut saya blogspot lebih cepat terindeks oleh Google, dan pastinya free unlimited hosting.

- Pemilihan domain, terserah mau menggunakan nama domain apa, karena disini kita tidak akan membuat niche blog, jadi nama domain tidak begitu berpengaruh. Saya sendiri menggunakan satu domain TLD untuk blog pertama, sedangkan blog kedua saya biarkan default menggunakan subdomain blogspot.

- Karena saya menggunakan blogspot, maka saya tidak memerlukan plugin apapun. Yang saya lakukan adalah melakukan pengaturan pada: arsip blog= monthly, blog feed= short, template= simple 2 kolom.


2. Mengelola blog

Karena waktu yang kita punya hanya sebulan, maka kita harus melakukan update secara rutin dengan tetap mempertimbangkan kualitas artikel baik dari segi keunikan, tema, dan SEO.

- Keunikan artikel: artikel yang saya buat 80% unik, full manual.

- Tema: Nah, disinilah hal yang paling penting dan berpengaruh dari tips ini. Untuk tema, blog yang kita buat menganut aliran general/ campur2, jadi kedepannya tidak akan kesulitan untuk mencari ide posting.

Dalam menulis artikel, kita mencari tema yang memiliki persaingan tinggi dan banyak dicari orang. Bukannya nanti akan susah bersaing? Benar, dan disinilah kita harus pandai-pandai bermain keyword.

Misalnya kita akan membidik keyword contoh pendahuluan, maka tentu saja sudah banyak saingan untuk keyword tersebut. Jadi yang akan kita tulis adalah keyword turunannya misalnya:

contoh pendahuluan makalah, contoh pendahuluan laporan, contoh pendahuluan skripsi, dll.

Atau bisa juga menggunakan keyword yang lebih spesifik seperti:
contoh pendahuluan makalah kesehatan, contoh pendahuluan laporan ilmiah, dll.

Jangan khawatir tidak akan mendapatkan pengunjung, karena keyword2 populer biasanya masih memiliki banyak sekali keyword turunan yang merupakan hot keyword.

- SEO: dari segi SEO, saya hanya menerapkan SEO on page sewajarnya. Yang terpenting adalah meletakkan keyword pada judul, sedangkan didalam artikel cukup menyisipkan keyword utama sekali saja. Selebihnya dapat menuliskan keyword2 yang masih berkaitan, karena hal ini sangat membantu blog kita agar tetap terbaca dengan baik pada saat pengunjung mencari keyword yang mirip dengan artikel kita.

Misalnya pada keyword contoh pendahuluan makalah, maka didalam artikel dapat menyisipkan beberapa keyword seperti:

contoh penulisan makalah, format pendahuluan makalah, contoh pendahuluan makalah terbaru, dll.

Untuk SEO off page saya sama sekali tidak mencari backlink, hanya kadang-kadang melakukan submit ke SB.


3. Merencanakan masa depan blog

Karena saya tidak memiliki banyak waktu untuk terus merawat dan mengisi artikel, maka harus dibuat perencanaan yang matang. Untuk kuantitas update artikel, saya melakukan update 3 artikel sehari di masing-masing blog. Jadi dalam satu bulan kita harus benar-benar fokus menulis artikel yang unik dan bermutu sebanyak 6 artikel sehari (untuk 2 blog).

Sedangkan tema blog, saya memilih tema yang tidak musiman, atau istilah kerennya keyword abadi. Jadi dengan sekali kerja maka kedepannya kita tidak perlu repot2 melakukan update rutin.


4. Melihat hasil

Setelah sebulan penuh bekerja keras membangun blog baru dengan metode baru, maka saatnya untuk melakukan pengecekan, apakah trik yang diterapkan bekerja dengan baik? Nah, dengan menerapkan trik sederhana di atas, berikut hasil yang saya peroleh:

- Blog pertama (menggunakan custom domain): di akhir bulan Mei saya berhasil mencapai target 2000 visitor/day dengan jumlah posting sekitar 90an artikel.



- Blog kedua (default blogspot.com): di akhir bulan Mei hanya diperoleh sekitar 300 visitor/day dengan jumlah posting sekitar 90an. (SS untuk blog kedua tidak ditampilkan, karena blog kedua saya anggap gagal).

Dari hasil di atas maka dapat diketahui bahwa antara blog yang menggunakan domain TLD dengan yang masih menggunakan sub domain blogspot ternyata memiliki selisih yang sangat jauh. Jadi menurut saya pengunaan custom domain di blogspot akan sangat membantu kita mendapatkan trafik.

Kalau dibulan pertama kita sudah mencapai target, maka di bulan-bulan berikutnya terserah mau diteruskan atau tidak. Karena artikel yang ditulis bukan tema musiman, maka kita cukup melakukan update secara berkala dan pengecekan rutin, atau anda dapat benar2 meninggalkan blog tersebut.
                                             --------------------------------------------------

Itulah sedikit trik bagaimana newbie menjaring pengunjung dari blog baru. Apabila anda tertarik, silahkan dicoba. Namun hasil dari tiap2 orang mungkin berbeda, maka kita harus pandai2 mencari TEMA dan MENULIS artikel.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Mendapatkan 2000 visitor/day Dalam 1 Bulan (dari blog baru)

5 comments:

  1. I do not wrіte many resρonses, but I read a few of the rеsponsеs on "Tips Mendapatkan 2000 visitor/day Dalam 1 Bulan (dari blog baru)".

    I do hve 2 questions for yоu іf you don't mind.
    Is it only me or doеs it look as if likе some of the cоmmеnts come across
    аs if they are coming from brain dеad folks? :-P And, if you are posting at
    other online sites, I'd like to keep up with you.
    Could you post a list of every one of your social community siteѕ like
    your linkedіn profіle, Facebook page оr twіtter feed?


    Feel free to visit my weblοg: web page

    ReplyDelete
  2. susah gan, ane aja dapet 500 UV perhari untuk blog baru dalam satu bulan masih susah, apa lagi 2000

    ReplyDelete
  3. An impressive share! I've just forwarded this onto a coworker who had been conducting a little research on this.
    And he actually bought me dinner due to the fact that I stumbled upon it for him...
    lol. So allow me to reword this.... Thank YOU for the meal!!

    But yeah, thanks for spending time to discuss this subject here on your site.


    Look at my site; hairdressers Manchester

    ReplyDelete
  4. Terimakasih banyak atas tipsnya gan... Berguna sekali buat pemula nih.. Sukses selalu!

    ReplyDelete
  5. Saya udah coba cara apa aja.. tetep gagal. Jangankan 2000 visitor Uv 100 aja udah susah -__-

    ReplyDelete

Tidak boleh spam
tidak boleh ceplas ceplos

berkomentarlah dengan baik, karena kriteria orang bisa di nilai dari apayang dia komentari :)